D. Pembuatan Daftar Pustaka
Pembuatan daftar pustaka merupakan pekerjaan yg agak rumit jika kita
lakukan dengan cara manual, karena harus mengetik satu persatu sumber rujukan, apalagi
jika kita tidak tahu tata cara penulisan daftar pustaka yang benar, itu akan
menyulitkan kita untuk membuat daftar pustaka.
Dengan menggunakan fasilitas reference pada microsoft word kita akan
lebih mudah membut daftar pustaka karena sistemnya otomatis, tulisan sumber
rujukan akan secara otomatis lebih rapi dibanding kita mengetik secara manual.
Akan tetapi sebelum kita membuat daftar pustaka pada suatu halaman, kita harus membuat
Citation terlebih dahulu. Berikut
langkah-langkah membuat Citation.
1.
Masuk ke References > Manage Sources.
2.
Lalu akan muncul kotak dialog Source
Manager.
Pada gambar di atas terdapat 2
panel. Panel sebelah kiri berisi Master List, yaitu daftar sumber yang pernah
kita buat sebelumnya. Di sebelah kanan terdapat panel Current List, yaitu
daftar sumber untuk Dokumen yang sedang kita buka. Apabila kita sudah pernah
membuat daftar sumber sebelumnya dan ingin menggunakannya lagi, tinggal pilih
sumber yang dimaksud lalu tekan (Copy ->), maka daftar yang kita
pilih akan muncul di Current List.
3.
Untuk membuat sumber baru, tekan
tombol New. . .
Di sini
terdapat banyak form isian. Untuk memilih tipe sumber yang diinginkan, silakan
pilih di Type of Source. Di situ terdapat banyak pilihan sumber, antara lain
buku, jurnal, web, dll. Form isian akan berubah sesuai dengan jenis sumber yang
kita pilih.
4.
Isikan kotak isian sesuai dengan
sumber yang digunakan. Sebagai contoh
menggunakan sumber buku seperti di bawah ini.
5. Jangan lupa ubah Bahasanya menjadi Bahasa Indonesia
(di kanan atas).
6.
Pada Source Manager akan muncul di
panel sebelah kanan daftar sumber yang baru saja dibuat.
7. Jika ingin menambahkan lagi, lakukan hal yang sama
seperti tadi.
Setelah kita
membuat Citation barulah kita dapat membuat
daftar pustaka, berikut langkah-langkahnya.
1.
Kita tempatkan kursor di halaman
Daftar Pustaka yang telah kita buat sebelumnya.
2.
Untuk memasukkan daftar pustaka yang
telah kita buat tadi, pilih References > Bibliography > Insert Bibliography.
3.
Dan secara otomatis daftar pustaka
telah selesai dibuat.
artikelnya sangat menarik <a href="http://unida.ac.id> daftar pustaka </a>
BalasHapusartikelnya sangat menarik daftar pustaka
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusmasya Allah artikelnya bermanfaat
BalasHapusterima kasih :)
Hapus